Rabu, 26 Agustus 2009

Setting Internet Menggunakan Handphone

Pada saat ini internet menggunakan Provider Cellular adalah solusi alternatif dan tercepat dalam mengakses internet. Kita tidak perlu harus menyediakan Modem dan line tlp atau bahkan mengurus registrasi berlangganan ISP tertentu. Namun dalam hal ini ttp ada konsekuensinya yaitu tarif yang lumayan Mahal. Sekedar catatan, saat ini tarif akses GPRS termurah adalah pada IM3 & MENTARI dengan tarif Rp 1,-/kb (SEMOGA NGGA BERUBAH). Sedang provider lain macam XL dan Telkomsel masih terbilang tinggi. Berikut langkah-langkahnya Dengan Asumsi ponsel sudah terdeteksi sebagai modem :

1. Klik kanan my computer – properties dan klik tab hardware dan klik device manager. Kemudian perhatikan Modem yang terdeteksi.


2. Double klik pada modem ponsel yang terdeteksi, kemudian klik tab advanced. Lalu isikan pada field Extra setting seperti berikut : at+cgdcont=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”

3. Pada akhir kode terdapat tulisan “www.indosat-m3.net”, baris tersebut untuk pengguna im3. Ganti lah kode tersebut dengan “satelindogprs.com” apabila menggunakan MATRIX/MENTARI, “www.xlgrps.net” apabila menggunakan XL, dan “internet” apabila menggunakan TELKOMSEL.

Oke, setelah itu buat panggilan DIAL UP seperti biasa dan masukan User Name dan Password serta dial Number nya. Berikut daftar masing-masing Provider.

TELKOMSEL
User : wap
Password : wap123
Dial : *99***1#

MATRIX
User : [kosongkan]
Password : [kosongkan]
Dial : *99***1#

IM3 (volume based, cocok buat chatting)
User : gprs
Password : im3
Dial : *99***1#

IM3 (DURASI – cocok untuk download) Rp 100,-/menit
User : indosat@durasi
Password : indosat@durasi
Dial : *99***1#

XL
User : xlgprs
Password : proxl
Dial : *99***1#

Sebagai saran, apabila wilayah sudah tercoverage 3G gunakan Modem 3G atau ponsel yang sudah mendukung 3G. Karena sesuai pengalaman browsing menggunakan Ponsel 3G Nokia 6233 via IM3 bandwich rata-rata 320kbps – 360 kbps. Jauh sekali perbedaan nya ketika masih mengakses via GPRS menggunakan Nokia 3230 (dengan bluetooth juga). Bandwich tidak pernah lebih dari 50kbps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar