Jumat, 26 Juni 2009

STRUKTUR HEAD PRINTER CANON, EPSON, HP

Setiap pengguna computer saat ini sering dibuat bingung dalam hal pemilihan jenis-jenis printer yang akan digunakan untuk mencetak. Terutama pengguna yang ingin mencetak di atas kertas foto / glossy paper & matte paper.

Hal ini disebabkan karena setiap merk printer mempunyai hasil cetak yang berbeda-beda, juga dalam hal maintenancenya, setiap merk printer memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Cara Head mencetak di media kertas, dapat digolongkan menjadi 2, yaitu :

  • Thermal System
  • Piezo System

Di dalam Thermal system,struktur Head bekerja berdasarkan panas yang ditimbulkan oleh 2 type pemanas, yaitu dengan micro thermal dan micro film pemanas. System kerja untuk type head ini adalah dengan memanaskan thermal yang telah dibasahi oleh tinta, sehingga tinta akan menyemprot sesuai dengan panasnya masing-masing thermal. Di tiap warna terdapat thermal yang dikontrol chipset printer yang terhubung pada PC.

Di dalam system ini kondisi head tidak dapat kehabisan supply tinta, karena apabila tinta tidak ada, dan tetap digunakan untuk mencetak, maka thermal akan over heating (kelebihan pemanasan) sehingga thermal akan rusak / putus. Dan hal ini akan fatal akibatnya, karena harga head printer ini akan hampir setara dengan nilai printer itu sendiri.
Untuk Piezo System, struktur Head bekerja seperti layaknya pompa. Jadi aliran tinta dipompa melalui karet-karet tipis dan kecil yang dinamakan Piezo, dimana Piezo ini dikendalikan oleh kontrol dari chipset printer yang terhubung dengan PC. Printer jenis ini sangat cocok digunakan untuk kapasitas cetak tinggi, dan sangat mungkin dilakukan modifikasi dengan menggunakan tabung tinta luar. Karena dengan system ini, Head sangat tahan terhadap tinta yang ada di sela-sela piezo. Dalam system ini, hasil cetak sangat bergantung dengan besaran Pico Liter (PL) pada membran yang ada di ujung paling bawah head. Karena semakin kecil ukuran PL pada membran, maka semakin detail hasil cetak yang didapatkan.

Sumber : Citra Jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar